Pages

Ads 468x60px

Senin, 18 Februari 2013

TANGRAM


Akhir-akhir ini, kesibukan saya agak terkurangi. Tidak lagi pergi pagi pulang malam. Terkadang saya perginya siang hari, tapi sampai malam juga akhirnya, hehe.
Nah, waktu di pagi, keponakan nomer dua saya, Zulfa suka banget main ke rumah (ya iyalah, wong rumahnya cuma berbatas lorong kurang dari 1 meter, hehe). Kalau lagi liburan apalagi, si Zulfa pasti betah mondar mandir rumahnya-rumah bulik. Awalnya cuma minta kertas, terus dianya pamer bisa nulis nama sendiri. Kalo sama saya, pasti langsung ditambah nulis nama lengkapnya, meski nanti ya lupa lagi :( Pernah juga uti (panggilan buat nenek) juga malah diajari nulis namanya, hihi. Aneh-aneh aja ya anak kecil itu.
Si Zulfa ini suka banget “nrithik”. Buku-buku milik saya dibolak-balik, kalo ke kamar, suka komentar plus tanya-tanya apapun yang ada di kamar saya (mau laptop, tulisan dinding, boneka, buku-buku, tropi, dan seisinya). Eh, suatu saat dia menemukan media handmade yang saya buat di awal tahun 2010, sebagai tugas akhir semester. Dan penasaranlah dia gimana cara mainnya.
Sebenarnya media ini cukup sederhana pake banget. Saya buatnya hanya dari kardus bekas (tak minta dari KPU waktu itu, hehe. Buat kerangkanya aja di DPM/kantor KPU fakultas, biar bawa baliknya mudah). Dari persegi dibelah menjadi tujuh bagian sesuai gambar. Terus di wrapping pake kain flanel (sangat dianjurkan untuk warna-warni kayak pelangi, hehe).
Teringat, saya membuat media ini di rumah ibu mertua kakak saya. Pinjem lepi-nya mas (karena saya belum punya sendiri). Malam-malam lagi, di saat yang lain terlelap. Kebetulan pula saya nginap disana karena kakak lagi punya gawe (selapanan Opan po ya? lupa).
Jreng-jreng, inilah hasilnya.
Zulfa - tangram handmade
Perkenalkan. Namanya tangram, tujuh bangun (ada segitiga dan satu jajargenjang yang membentuk satu persegi). Meski kelihatan mudah, puzzle ini biasanya susah dimainkan (oleh anak kecil tentunya, kalo orang gedhe udah bisa triknya-tinggal dihafal saja letak warnanya, jadi deh). Saya saja waktu belum terbiasa, masih kebalik-balik untuk membuat pas-jadi persegi dan masuk semua.
Tangram puzzle pieces can be used to make many different shapes. Nah, bisa juga nih tangram dibuat kreativitas misalnya bentuk kucing lagi duduk, ikan, orang sedang berlari, angsa, dan sebagainya. Yah, memang cuma nampak siluet, dua dimensi. Tapi, ini mengasah kreativitas juga.
kreativitas puzzle pieces
Oke. Tertarik untuk membuat? Silakan
Pinjam? Boleh juga
Penasaran mau memainkan (kayak anak kecil aja ya, hehe) Sangat boleh juga
Asal, jangan diminta, heee
Soalnya ini udah di cim (diminta) ma Zulfa, tapi kagak saya bolehin. Mau tak buat koleksi bulik.
Itu kenangan kuliah saya, hehe. Masih terbayang betapa groginya waktu presentasi di depan dua dosen dan kawan sekelas di lab jurusan. Fyuhh, dinginnya AC membuat saya tambah beku. Tak apalah, alhamdulillah sampai sekarang barang tersebut masih manfaat.

Tidak ada komentar: